Sabtu, 01 Februari 2014



Pada tanggal 18 Mei - 9 Juni 2013 kemarin MPA-Khtulistiwa telah mengadakan kegiatan Latihan Khusus atau biasa disingkat Latsus yang ke XIV. Latsus sendiri adalah suatu kegiatan pelatihan dan pendalaman materi yang dikhususkkan untuk anggota lulusan diklat angkatan XIV. Pada acara Latsus sendiri terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan pelatihan yang terdiri atas materi Sport, Gunung Hutan, dan Konservasi.

1. Sport

Materi Sport adalah pelatihan yang bersifat keolahragaan. Sport terbagi atas materi Wall Climbing, Rock Climbing, dan ORAD (Olahraga Arus Deras). Wall Climbing sendiri dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2013 di wall Mapala Palmstar STAIN Jember dengan diikuti 13 peserta.
Untuk Rock Climbing, kegiatan ini dilaksanakan keesokan harinya di Gumuk Sepikul yang menjadi langganan kegiatan Rock Climbing ini karena aksesnya yang sangat terjangkau. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang peserta.




Sedangkan materi sport terakhir, yaitu ORAD dilaksanakan di Bosamba Rafting, Bondowoso. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 8-9 Juni 2013 dan diikuti oleh 11 orang peserta.





2. Gunung Hutan
Gunung Hutan adalah gabungan materi yang berhubungan dengan kegiatan pendakian dan penyusuran hutan.
Kegiatan ini dilaksanakan di Lereng Selatan Gunung Argopuro, tepatnya di areal Gunung Pasang, tanggal 24 Mei-26 Mei 2013.
Gunung Hutan sendiri terbagi atas materi-materi, yaitu materi Pioneering-Survival-Packing-Bivak (PSPB), Navigasi Darat (Navrat), Search And Rescue (SAR), dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang peserta.
 









3. Konservasi
Materi terakhir adalah materi Konservasi. Konservasi sendiri adalah gabungan materi yang berkaitan dengan pelindungan dan penjagaan
keberlangsungan ekosistem alam. Konservasi terbagi atas materi-materi, yaitu materi Analisa Vegetasi (Anveg), Analisa Satwa, Analisa Air, Plester Cast, dan Fotografi. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan materi Gunung Hutan.




 













Dengan diadakannya kegiatan Latsus XIV ini, diharapkan Anggota Biasa angkatan XIV dapat memahami materi-materi yang telah diberikan dan juga dapat mempraktekkannya baik saat pelaksanaan kegiatan maupun ke depannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar