Sabtu, 01 Februari 2014

Ekspedisi XIV Argopuro



Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang identik dengan pecinta alam. Kegiatan yang cukup menguras fisik dan bahkan juga mental untuk mencapai suatu tujuan, yaitu puncak gunung itu sendiri. Indonesia oleh Tuhan Yang Maha Kuasa telah dikaruniai gunung-gunung yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Seperti Pegunungan Jayawijaya yang puncaknya, yakni Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia yang dilapisi es abadi pada permukaannya, lalu Gunung Anak Krakatau dan Gunung Tambora yang merupakan gunung legendaris di Indonesia karena letusannya yang dahsyat, sampai Gunung yang “tengah naik daun”, yaitu Gunung Semeru. Semua itu adalah sebagian kecil dari sekian banyak gunung-gunung di Indonesia yang tentunya tidak ada habisnya bila kita bahas disini.
MPA-Khatulistiwa yang merupakan salah satu organisasi pecinta alam selalu rutin mengadakan kegiatan pendakian yang biasa dinamakan Ekspedisi.



 Ekspedisi yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni-4 Juli 2013 kemarin dilaksanakan di Pegunungan Argopuro yang merupakan perbatasan dari empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.Kegiatan ekspedisi ini diikuti oleh sepuluh peserta didampingi oleh lima senior yang membimbing




jalannya kegiatan, merupakan kegiatan yang dikhususkan bagi anggota MPA-Khatulistiwa yang masih berstatus Anggota Biasa (AB). Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para AB dapat mengerti tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pendakian, seperti manajemen dalam pendakian, yaitu barang bawaan apa saja yang sangat diperlukan dalam pendakian baik yang sifatnya sangat vital diperlukan maupun yang dapat menunjang kegiatan pendakian itu sendiri, serta bahan makanan yang diperlukan sebagai bekal selama pelaksanaan kegiatan ekspedisi ini. Selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah manajemen waktu, yaitu estimasi waktu yang dipakai sebagai patokan agar pelaksanaan ekspedisi ini tidak menghabiskan waktu yang terlalu lama.
Selain sebagai sarana pemberian materi bagi AB, ekspedisi juga merupakan salah satu syarat bagi AB untuk mengikuti kegiatan Dklat Lanjutan (Dikjut), yang merupakan kegiatan pendidikan terakhir bagi AB untuk memperoleh status yang lebih tinggi di MPA_Khatulistiwa, yaitu status Anggota Tetap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar