Jumat, 03 Oktober 2014

10 Game Outbound Favorit

Air Mancur

Tujuan permainan
a.       Kerja sama;
b.      Kekompakan;
c.       Manajemen;
d.      Toleransi;
e.       Kompetitif

 Alat
a.       Pipa besar dengan panjang 1,5 meter yang telah diberi lubang. Bagian bawahnya telah ditutup. Dapat juga menggunakan botol aqua yang bawahnya telah dilubangi;
b.      Ember yang digunakan untuk mengisi pipa atau botol;
c.       Ember untuk penampungan air

Pelaksanaan
a.       Permainan dilaksanakan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 8-10 orang;
b.      Tugas yang harus dilaksanakan yaitu memasukkan air kedalam pipa sampai penuh;
c.       Lubang hanya boleh ditutup dengan jari tangan atau anggota badan lainnya;
d.      Pemenangnya adalah kelompok yang dapat mengisi pipa atau botol sampai penuh;
e.       Setelah permainan selesai, diskusikan manfaat dari permainan tersebut.




Scorpion
Tujuan permaina
a.       Kerja sama antar anggota
b.      Mengatur strategi;
c.       Kekompakan;
d.      Mengenali kekuatan tim dan lawan.

Alat
Tidak ada

Pelaksanaan
a.       Tiap tim terdiri dari 10-15 orang;
b.      Anggota paling depan menjadi kepala kalajengking dan yang paling belakang sebagai ekor lawan;
c.       Setiap anggota berpegangan pada pinggang anggota didepannya;
d.      Pegangan tidak boleh lepas selama permainan.

Peraturan
a.       Kepala kalajengking (anggota paling depan) harus berusaha memegang ekor lawan (anggota paling belakang lawan);
b.      Pemenang adalah yang berhasil memegang ekor lawan;
c.       Saat permainan berlangsung, bila ada peserta yang pegangan putus atau lepas, maka tim tersebut kalah;
d.      Ulangi 2-3 kali sampai ada yang menang.





Estafet Bola Ping-Pong

Tujuan permainan
a.       Kerja sama tim;
b.      Melatih manajemen tim;
c.       Mengatur diri dan waktu untuk bertindak;
d.      Mengatur strategi.

Alat
a.       Bambu yang telah dibelah dua (panjang 50 cm, diameter bebas), dapat juga menggunakan pelepah pisang ataupun pipa paralon yang sudah dibelah menjadi dua;
b.      Jumlah bambu atau pipa disesuaikan dengan jumlah anggota;
c.       Sebuah kelereng dan gelas plastik.

Pelaksanaan
a.       Tiap regu memegang 1 buah bambu yang sudah dibelah dan satu anggota lainnya memegang gelas;
b.      Tetapkan jarak tempuh estafet sejauh 10-15 meter;
c.       Seluruh peserta berusaha mengatur gerak kelereng melalui bambu belah sampai tujuan;
d.      Bagian terakhir adalah memasukkan kelereng kedalam gelas.

Peraturan
a.       Saat kelereng meluncur tidak boleh tersentuh jari tangan;
b.      Bola ping pong bergerak melalui satu jalur;
c.       Permainan diulang apabila bola jatuh;
d.      Pemenangnya adalah yang tercepat memasukkan bola kedalam gelas.



  
Kereta Terpanjang

Tujuan permainan
a.       Kerja sama tim;
b.      Mengatur strategi dan kreatifitas;
c.       Menempatkan diri sesuai dengan kemampuan.

Alat
            Tidak ada

Pelaksanaan
a.       Peserta terdiri dari 10-20 orang;
b.      Seluruh peserta sebaiknya menggunakan celana panjang;
c.       Gunakan lokasi atau tempat yang bersih dan tidak becek;
d.      Dilakukan serentak dan terdiri dari beberapa regu;

Peraturan
a.       Tiap regu berupaya keras membuat timnya menjadi regu dengan deretan yang paling panjang;
b.      Peserta boleh menggunakan benda apa saja yang saat itu dibawa sebagai penyambung seperti dompet, sabuk, sepatu, kaus kaki dan lain-lain;
c.       Tidak diperkenakan sampai lepas baju;
d.      Regu pemenang adalah yang membuat deretan terpanjang.




Meluncur (Flying Fox)

Tujuan
a.       Melatih keberanian;
b.      Membuat ketegangan.

Alat
a.       Tali carmantel;
b.      Carabiner;
c.       Harnes dan webbing
d.      Helm pengaman.

Pelaksanaan
a.       Peserta meluncur dari ketinggian dengan memakai harnes di pinggang;
b.      Permainan ini membutuhkan ketelitian para pelaksana dalam pemasangan tali, dibutuhkan keahlian khusus dalam pemasangan tali, sebaiknya didampingi oleh orang yang telah ahli.




Pindah posisi

Tujuan
a.       Mengatur strategi;
b.      Melatih kekompakan;
c.       Menanamkan sikap satu komando.

Alat
            Kertas dan kardus

Pelaksanaan
a.       Permainan dilakukan berkelompok dengan anggota 10 orang;
b.      Kelompok dibagi menjadi dua dengan komposisi jumlah sama;
c.       Lima peserta berada di posisi kanan dan lima berada di posisi kiri;
d.      Peserta harus berpindah ke posisi sebelah kiri.

Peraturan
a.       Peserta hanya boleh bergerak maju dan tidak boleh mundur;
b.      Peserta melangkah maju jika ada tempat yang kosong, tidak boleh melewati dua atau lebih;
c.       Apabila mengalami kegagalan, maka dapat diulangi dari awal.



Kereta Bola atau balon

Tujuan
Melatih kekompakan dan kerja sama

Alat
Balon atau bola

Pelaksanaan
a.       Perminan dimainkan berkelompok dengan anggota kelompok 6-10 orang;
b.      Peserta berbaris satu banjar;
c.       Antara peserta satu dengan peserta lainnya diberi bola atau balon yang diletakkan pada punggung dan perut peserta yang ada dibelakangnya;
d.      Peserta harus berjalan sampai garis finis.

Peraturan
a.       Peserta tidak boleh menyentuh bola atau balon dengan tangan;
b.      Pada saat berjalan, bola tidak boleh jatuh, apabila jatuh maka diulangi dari awal garis start;
c.       Kelompok yang sampai garis finish paling awal menjadi pemenanganya.




Roda Manusia

Tujuan
a.       Meningkatkan rasa kebersamaan;
b.      Mengatur strategi.

Alat
a.       Kain atau tikar yang berbetuk lingkaran
b.      Tali untuk arena permainan

Pelaksanaan
a.       Peserta dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang;
b.      Kelima orang tersebut harus berjalan dengan posisi di dalam lingkaran dari start sampai finish

Peraturan
a.       Kelima peserta harus tetap berada dalam lingkaran;
b.      Kelompok yang dapat mencapai garis finish paling cepat menjadi pemenangnya.




Kaki seribu
Alat
Tidak ada

Pelaksanaan
a.       Peserta terdiri dari 8-10 orang;
b.      Masing-masing kelompok berbaris satu banjar dengan posisi duduk, dimana kedua kaki peserta diletakkan pada paha temannya yang berada di depannya;
c.       Kaki peserta tidak menyentuh tanah kecuali peserta yang paling depan;
d.      Tugas kelompok adalah berjalan dengan menggunakan tangan sampai garis finish

Peraturan
a.       Pada saat berjalan, anggota kelompok tidak boleh terputus;
b.      Masing-masing kelompok berlomba sampai garis finish;
c.       Kelompok yang sampai garis finish paling cepat adalah pemenangnya.




Apakah kamu cinta kepadaku

Alat
            Sepatu atau kertas tebal sebagai tanda

Pelaksanaan
a.       Permainan dilakukan dalam kelompok besar;
b.      Seluruh peserta membentuk satu lingkaran penuh dan setiap peserta mempunyai posisi sendiri dengan diberi tanda sepatu atau kertas tebal;
c.       Seorang peserta sebagai relawan berada di tengah lalu bertanya kepada peserta lain”apakah kamu cinta kepadaku?”, peserta lain bebas menjawab “ya” atau “tidak”
d.      Apabila mengatakan “ya”, maka seluruh peserta harus berpindah tempat dari posisi awal ke posisi yang lain, relawan berusaha merebut posisi dalam barisan;
e.       Apabila peserta ditanya mengatakan “tidak” maka ia harus memberikan alasan. Misalnya “karena saya mencintai orang yang memakai sepatu warna hitam. Maka semua peserta yang memakai sepatu warna hitam harus mencari  posisi tempat lain dengan cara berpindah tempat dan relawan tersebut juga berusaha merebut barisan.

Peraturan
a.       Peserta harus jujur apabila menemukan kesamaan pada dirinya;

b.      Dalam berebut posisi, peserta tidak boleh mendesak peserta lain yang telah mendapatkan posisi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar